top of page
Search
  • Writer's pictureDayalima Abisatya

Mendukung Jejaring Pemimpin bersama Rumah Mentor Indonesia (RUMI).



Indonesia, menurut riset Boston Consulting Group, diprediksi mengalami krisis pemimpin di dunia bisnis pada berbagai level manajemen, baik secara kualitas maupun kuantitas. Hal tersebut perlu mendapat perhatian besar agar Indonesia tidak tertinggal di tengah kemajuan era digital dan berlangsungnya Revolusi Industri 4.0. Memahami hal ini, sejumlah pemimpin yang memiliki kepedulian terhadap sumber daya manusia (SDM) Indonesia berinisiatif membentuk Rumah Mentor Indonesia (RUMI).

RUMI merupakan lembaga independen yang diinisiasi oleh 12 pemimpin  dengan pengalaman dan kompetensi di bidang masing-masing bersama Daya Dimensi Indonesia dengan tujuan untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada generasi pemimpin selanjutnya demi mencetak pemimpin-pemimpin Indonesia yang unggul. Kedua belas pemimpin tersebut menjabat sebagai Steering Committee dan bertanggung jawab dalam membawa RUMI meningkatkan kualitas SDM dengan mempromosikan praktik unggul dalam mentoring formal dan inklusif. 

Steering Committee RUMI Kuntoro Mangkusubroto mengatakan, “SDM menjadi salah satu fokus pengembangan oleh pemerintah. Menyadari hal itu, RUMI hadir untuk memutus gap yang ada di antara pemimpin beda generasi dalam membantu dunia usaha untuk terus memiliki pemimpin-pemimpin terdepan sekaligus mendukung pemerintah dalam membangun negeri melalui pengembangan SDM yang diharapkan dapat bersaing hingga ke level internasional.”

Dalam menapaki langkah awalnya, 12 anggota Steering Committee melakukan penandatanganan nota kesepahaman pada 12 Maret 2020 di Jakarta untuk bersama-sama berkomitmen menjadikan RUMI sebagai ekosistem pengembangan pemimpin di Indonesia. Tanggung jawab yang diemban oleh Steering Committee di antaranya adalah merumuskan pembentukan RUMI, menentukan mentor di tiap program mentoring sesuai dengan standar RUMI, dan mengawasi kegiatan RUMI agar sesuai dengan code of conduct.


“Melalui kolaborasi aktif dengan berbagai pihak, RUMI diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata bagi negeri dalam mendukung pengembangan SDM unggul melalui penyediaan talent pool hingga skala nasional nantinya. Ke depan, RUMI berkomitmen untuk menjadi ekosistem pengembangan pemimpin yang mampu mempersiapkan talenta terbaik bangsa agar mampu menjadi roda penggerak kemajuan negeri,“ tutup Kuntoro. (GZN)


 *** 

TENTANG RUMI


Rumah Mentor Indonesia (RUMI) adalah rumah yang dibentuk untuk menyatukan para Pemimpin Indonesia yang memiliki reputasi dan prestasi dalam bidangnya, agar dapat memberikan bimbingan dan arahan kepada generasi pemimpin selanjutnya demi mewujudkan Pemimpin Indonesia yang unggul. Untuk mengembangkan kemampuan para pemimpin di Indonesia, RUMI menghadirkan program mentoring yaitu one-on-one mentoring dan group mentoring.

Temukan informasi lebih lanjut tentang mentoring di website dan LinkedIn RUMI.


Sekretariat RUMI dijalankan oleh Daya Dimensi Indonesia (DDI), konsultan leadership bagian dari DayaLima Family, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun membantu organisasi merancang dan menjalankan program strategis seperti assessment centre, selection, learning, serta personal & organisational transformation.

Artikel telah dipublikasikan di laman Daya Dimensi Indonesia, 30 Maret 2020.

2,951 views0 comments
bottom of page